Cara Bikin Rangka Sofa yang Pas Supaya Nyaman Ketika Diduduki

Ini dia Cara Bikin Rangka Sofa yang Pas Supaya Aman Ketika Diduduki

 

Sewa Kursi

                Cara membuat rangka sofa minimalis secara detail bisa Anda lihat pada pembahasan kami kali ini. Di dalam artikel ini dimaksudkan agar semua orang yang tertarik belajar membuat sofa tahu bagaimana teknik untuk membuat sofa, mengenal apa saja, terlebih dahulu anda ketahui jenis suspensi pada sofa, dan apa saja bahan yang akan digunakan ketika pembuatan sofa.
Sebelum masuk pada tahapan cara membuat rangka sofa sebaiknya kita tahu apa saja bahan-bahan yang perlu dipersiapkan ketika akan membuat sofa. Bahan pembuat sofa bisa Anda dapatkan dimana saja karena mudah sekali didapatkan di berbagai toko baik di kota kecil maupun kota besar.

Siapkan Dulu Bahan dan Alat Sebelum Pembuatan Kerangka Sofa


Para pembuat sofa pada umumnya menggunakan bahan-bahan yang tidak jauh berbeda dengan yang akan tersebut di bawah ini. Beberapa bahan ini bisa dipersiapkan saat hendak membuat kerangka sofa. Sebelum tahu cara membuat rangka sofa ada baiknya jika Anda persiapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. Multipleks 15mm = 1/2 lbr.
  2. Tripleks 3mm = 1/2 lbr.
  3. karton tebal.
  4. Kaso sejumlah 6 batang yang masing-masing berukuran 4cm x 6cm x 400cm.
  5. Paku 2, 5, 7cm, dengan jumlah seperlunya.
  6. Kaki kayu dengan tinggi 10 cm.
  7. Lem kayu.

Sedangkan bahan untuk dibuat dudukan (seat sofa) adalah sebagai berikut:

  1. 3 meter kain sofa motif.
  2. 25 meter kain sofa polos.
  3. 4 meter kain furing putih.
  4. 1 meter kain hitam.
  5. Benang jahit nilon yang disesuiakan warna kain.
  6. 1 lembar busa (foam) yellow ( panjang 4cm).
  7. 1 lembar busa softy (4 cm).
  8. 1 lembar busa (4cm).
  9. 1 lembar busa (2cm).
  10. 1 lembar busa black 1cm.
  11. 3 kg silikon hallow.
  12. 2 meter dakron.
  13. Karet secukupnya.
  14. Staples ukuran 13/8.
  15. Lem kuning atau lem busa.

Sesudah itu, kita siapkan juga alat-alatnya seperti:

  1. Gergaji kayu.
  2. Serut.
  3. Martil.
  4. Tang.
  5. Staples besar.
  6. Parutan kayu.

                Langkah pertama pembuatan sofa adalah membuat pola sofa yang dapat masuk ke dalam kerangka sofa. Pola sofa dibuat dengan menggambar. Barulah setelah pola dibuat maka rangka sofa dibuat. Cara membuat rangka sofa sangat menentukan hasil sofa karena perhatikan cara benar membuat rangka sofa.
Cara membuat rangka sofa yang pertama adalah memotong multipleks 15mm hingga ukurannya menjadi sama dengan pola yang ada di dalam gambar. Kemudian, potong kaso berukuran 117cm sebanyak 6 batang yang akan dipergunakan untuk bagian body, 80cm untuk sisi tangan pada sofa sejumlah 12 batang. Jika kaso bengkok, luruskan dengan serutan kayu.
Setelah itu, rangkap multipleks menggunakan kaso. Rangka pada tangan sofa terdiri dari 2 sisi yakni  kiri dan di samping kanannya.untuk membuat tangan sofa diperlukan balok dengan jumlah 6 item (ukuran balok harus sesuai dengan design). Pasanglah balok menggunakan posisi vertikal di pojok sisi sebelah atas dan turun 4cm.
Selanjutnya cara membuat rangka sofa adalah pemasangan per atau pegas. Pasanglah dengan disusun pada kerangka sofa dengan langkah pemasangan yang benar. Pasang pegas menggunakan sistem webing yakni, dengan memakai karet yang telah dianyam bersilangan.
Sesudah itu, cara membuat rangka sofa adalah memposisikan dudukan atau seat. Ini merupakan sisi yang paling utama pada pembuatan sofa dan merupakan kunci kenyamanan saat sofa jadi dan diduduki.
Langkah memasang busa atau foam di sofa adalah dengan mengukur terlebih dulu kerangka dudukan dan bagian senderannya. Setelah busa dipotong berilah lem dan tempel busa pada dudukan hingga hasilnya rapi. Lakukan gal yang sama pada sandaran juga.
Cara membuat rangka sofa yang kuat dan kokoh adalah dengan menyambung antara sisi pada tangan sofa sampai pada badan sofa. Oleh karena itu akan lebih baik bila menghindari sambungan kerangka menggunakan paku supaya tidak ada kerenggangan agar kerangka sofa tidak mudah lepas.

               
Begitulah cara membuat rangka sofa dengan terlebih dulu menyiapkan bahan-bahan, alat-alat, dan apa saja yang memang sangat diperlukan sebelum membuat kerangkanya. Proses dia atas bisa menghasilkan sofa yang nyaman diduduki kapan saja dan dimana saja. Untuk itu, supaya lebih nyaman lagi pilihlah pelapis sofa dari bahan yang lembut dan tebal.

langsung saja check daftar harga kami

ingin tau pemesanannya bisa ke cara order

Posting Komentar

0 Komentar